Sabtu, 23 Oktober 2010

RED






Diadaptasi dari buku karangan Warren Ellis dan Curren Hamner, Robert Schwentke mampu mengemas 'RED' dengan sangat apik. Aktor dan aktris kawakan macam Bruce Willis, Morgan Freeman, John Malkovich, dan Hellen Mirren mampu menjadi amunisi jitu yang mampu menghidupkan film dengan sangat ciamik.

Film ini bercerita tentang pensiunan agen CIA, Frank Moses (Bruce Willis) yang ingin menjalani hidup normal dengan meminta dana pensiun ke salah satu kantor pelayanan yang mengurusinya. Momen ini dimanfaatkan pula oleh Frank sebagai sarana "pdkt" lintas daerah dengan Sarah Ross (Mary-Louise Parker) melalui telepon, sebagai salah satu customer service di kantor tersebut. Semuanya tampak begitu janggal ketika rumah Frank tiba-tiba diberondong peluru oleh sepasukan yang Frank belum tahu siapa dan kenapa ia diserang. Untungnya ia mantan agen CIA yang diberi gelar "RED" (Retired Extremely Dangerous) yang terlatih dan sanggup membalikan keadaan malam itu.
Sadar Sarah juga dalam bahaya dan memang sebelumnya ia berencana untuk pergi ke kota tempat Sarah tinggal, Frank melakukan pertemuan dengan Sarah dengan keadaan yang tak terlalu bagus. Penuh tanya. Penuh kebingungan.



Setelah Frank mengunjungi dan meminta bantuan beberapa temannya seperti Joe (Morgan Freeman), Marvin (John Malkovich), dan Victoria (Hellen Mirren), mereka akhirnya mampu memecahkan kebingungan dan mengungkap konspirasi yang tak terduga. Masalah yang menerpa dijadikan sarana reuni oleh para jagoan berumur ini,  lengkap dengan spesialisasi dan kemampuan yang berbeda-beda, dan tetap bertaring dalam menggigit generasi muda pengganti yang payah. Joe yang mempunyai rasa rela berkorban setinggi langit, John Malkovich yang tak pudar dalam ingatan kita di 'Johnny English' berperan sebagai Sauvage yang angkuh dan sombong, mampu berperan diluar nalar alias diatas normal disini. Malkovich menjadi ujung tombak dalam membuncah tawa sekaligus menjadi udara segar dalam menyiram tiap adegan yang ia lakoni. Hellen Mirren yang berperan sebagai Emily, ibunda Ben Gates dalam 'National Treasure : Book of Secrets' yang terkenal mempunyai kepintaran yang langka, disini ia juga tetap pintar, namun dalam memacu senapan mesin yang membuat ia dikenang sebagai mantan pembunuh terbaik. William Cooper (Karl Urban), yang "diayam-ayami" Frank disini sebagai agen muda berbakat namun kalah kelas oleh Frank dalam jam terbang, mampu menunjukan performa yang lumayan selain tentunya Sarah-Louise Parker dan Brian Cox.





Robert Schwentke mampu meracik senapan tua miliknya, dan lewat 'RED' tiba-tiba ia mampu mendesingkannya dengan daya hancur sekuat Bazooka.

9,3/10





2 komentar:

  1. Hey Adit. Tulisan kamu udah lumayan kena kok :)
    Keep on writing and updating, kay!

    BalasHapus