Rabu, 13 April 2011

Easy A





Ingar bingar kehidupan remaja, tak membuat Olive Penderghast (Emma Stone) ingin muncul ke permukaan untuk tampil menunjukan keeksistensiannya di sekolah. Ia adalah anak yang tak banyak dikenal, dan hanya mempunyai sedikit kawan. Sampai  pada akhirnya ia berbohong kepada sahabatnya, Rhiannon (Aly Michalka), bahwa ia telah kehilangan keperawanannya. Dan entah sial atau mujur, hal ini terdengar oleh Marianne (Amanda Bynes)-seorang anak yang taat kepada tuhan, secara tak sengaja. Dalam tempo yang sesingkat-singkatnya, seluruh murid-murid di sekolah tiba-tiba 'tahu' Olive, dan mencapnya sebagai perempuan 'nakal'.

Olive sesungguhnya adalah pribadi yang cerdas dan tak takut siapapun. Terbukti ketika ia dicela oleh seorang siswi di kelasnya, ia membalasnya dengan suatu perbuatan sarkas yang mengakibatkan ia harus bertemu dengan kepala sekolah. Dan disaat ia sedang menjalani hukuman, bertemulah ia dengan Brandon (Dan Byrd), siswa yang selalu dicemooh teman-temannya dengan sebutan gay. Ia memohon kepada Olive untuk  berpura-pura berhubungan seks dengan dirinya, agar status gay nya pudar dan bisa diakui 'kenormalannya'. Kerepotan berlanjut ketika siswa-siswa 'bermasalah' lainnya juga memohon pertolongan pada Olive dengan kasus yang berbeda-beda.

Bahkan saking terlanjurnya ia mendapat julukan perempuan murahan, sampai-sampai ia datang ke sekolah mengenakan pakaian seksi seperti layaknya perempuan murahan sungguhan. Awalnya ia menikmati hal-hal yang timbul dari ketidaksengajaan ini, tetapi sesungguhnya ia tak mau berlarut-larut dalam semua kebodohan dan segera menyusun siasat untuk memberitahukan bahwa dirinya bukanlah seperti apa yang dipikirkan oleh semua orang.




Walaupun menggunakan racikan khas komedi remaja pada umumnya, Easy A mampu menyusupi dan mempersembahkannya lebih dari itu. Segala hiruk pikuk remaja  termasuk seperti persahabatan dan cinta, diolah dengan satir-satir yang cerdas dan segar. Will Gluck pun pintar menyusupi Easy A dengan beberapa adegan film lawas dari The Scarlett Letter (1995), saat Olive sedang mempelajari sesuatu seperti apa yang sedang ia alami. Emma Stone sendiri juga dengan pintar tidak menyia-nyiakan kepercayaan untuk mengeluarkan segala kemampuan terbaiknya, setelah di Superbad (2007), The House Bunny (2008) dan Zombieland (2009) hanya mendapatkan peran pendukung. 
Selain diisi oleh bakat-bakat muda, Easy A juga diisi oleh nama berpengalaman seperti Stanley Tucci dan Patricia Clarkson, yang cukup sukses berperan sebagai orang tua  Olive yang paham dan mengasyikkan. Thomas Haden Church dan Lisa Kudrow pun juga jauh dari kata jelek.


Easy A menjadi berbeda dari film bergenre sejenis ketika racikan yang dipakai bertambah lezat karena galak  akan bumbu dan cara memasaknya yang cukup unik. Sosok Olive yang diperankan oleh Emma juga mengalir begitu saja. Ia mengajarkan anak-anak muda bahwa menghadapi permasalahan lumrah remaja seperti ini, haruslah santai namun tetap pintar dan penuh perhitungan, dan Will Gluck tahu akan itu. 


9,0/10

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar