Kamis, 27 Januari 2011

Rachel Getting Married





Setiap rumah tangga di dunia ini, pasti memiliki masalahnya sendiri-sendiri. Tiap anggota keluarga juga pasti memiliki sifat dan karakter yang berbeda-beda. Seperti sisi baik dan buruk, yang sudah dijamin dipunyai oleh seluruh manusia. 

Kym Buchman (Anne Hathaway), diberikan kesempatan selama beberapa hari untuk meninggalkan panti rehabilitasi. Pernikahan kakaknya, Rachel (Rosemarie Dewitt) dengan Sidney (Tunde Adebimpe), terlalu sayang untuk dilewatkan begitu saja. Pulang dengan keadaan rumah yang sudah sangat ramai dipenuhi oleh sanak saudara, membuat Kym terlihat sangat antusias dan bersemangat. Ia mulai berkenalan dengan anggota keluarga Sidney, keluarga kulit hitam yang penuh humor dan menyenangkan.

Tetapi, harapan Kym ternyata tak semulus dengan apa yang ia ekspektasikan. Disaat penderita depresi berat seperti dirinya butuh suntikan moral dan dukungan, timbul beberapa duri yang pelan-pelan kembali ke permukaan. Masa lalu buruk yang belum bisa ia maafkan, plus naluri pertengkaran kakak dan adik yang belum sanggup dilenyapkan, membuat ia merasa tak dibutuhkan dan tak dihargai kehadirannya.
Ayah Kym, Paul (Bill Irwin), sangat perhatian padanya. Saking tinggi curahan perhatiannya, sampai-sampai membuat Kym risih. Belum lagi masalah dengan ibu kandungnya, Abby (Debra Winger) yang sepertinya hanya akrab dengan Rachel.




Melihat film ini, saya sedikit merasakan sebagaimana saya menonton video pernikahan saudara saya. Terasa begitu dekat, seperti film semi-dokumenter. Saya selalu suka bila sebuah film menyematkan para pemain kulit hitam. Menurut saya, mereka adalah pencair suasana yang ulung, yang menyenangkan, dan humoris. Dan Jonathan Demme meletakan keluarga Sidney dalam porsi yang pas.

Jonathan Demme menggulirkan satu persatu masalah dengan takaran yang tak berlebihan, namun juga sanggup dikategorikan istimewa. Wajar saja dengan kemampuan seperti itu, ia pernah diganjar Oscar sebagai sutradara terbaik lewat The Silince of The Lambs. Di film ini, Anne Hathaway (Aktris favorit saya sepanjang masa), juga dinominasikan sebagai aktris terbaik Academy Award dan Golden Globe 2009. Lewat penampilan fisik dan aktingnya, ia hanya membuat saya tambah jatuh cinta. Oiya satu lagi, saya ingin memuji habis Bill Irwin, yang berhasil memerankan seorang ayah yang  seperti harus sanggup menahan semua permasalahan di pundaknya. Ada satu adegan, dimana Bill Irwin berhasil menggenggam hati saya dengan sekuat-kuatnya ketika ia berusaha untuk menyembunyikan air matanya.



Lewat Rachel Getting Married, Jonathan Demme dan penulis, Jenny Lumet, seperti ingin berkata, "Inilah keluarga Rachel, bagaimana dengan keluargamu?"



9,4/10

Tidak ada komentar:

Posting Komentar